• Admin
  • 29 January 2019

Ujian UTBK 3 jam 45 menit NONSTOP....

Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2019 mengalami perubahan, baik dari segi pelaksanaan ujian yang menggunakan komputer, materi ujian tes (TPS dan TKA) serta kesempatan peserta ujian untuk dapat mengikuti dua kali tes. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang dibentuk menjadi lembaga penyelenggara tes di bawah naungan kementerian ristek dan dikti. Hasil ujian siswa akan diterima paling lama 10 hari setelah tes selesai. 

Perubahan yang dilakukan ini diharapkan Perguruan Tinggi mendapatkan calon mahasiswa yang siap untuk mengikuti pendidikan di tingkat Universitas tersebut serta dapat menuntaskan program studinya dengan baik. Sehingga diharapkan mahasiswa yang Gagal menyelesaikan pendidikan karena tidak mampu mengikuti pembelajaran semakin berkurang. 

Perubahan yang dilakukan dalam tahapan ujian kali ini adalah durasi ujian selama 3 jam 45 menit tanpa henti. Ini merupakan perubahan yang sangat mencolok dibandingkan seleksi PTN sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya, dua materi tes (TKPA dan TKD) dilaksanakan dengan adanya durasi peserta untuk beristirahat. Menyikapi hal ini, sebaiknya siswa melatih diri untuk terbiasa belajar, ataupun ujian dengan menggunakan komputer selama durasi waktu tersebut. Tentunya akan terjadi perbedaan ketahanan fisik (mata) peserta ujian ketika ujian menggunakan kertas dan komputer.

BCeria menyelenggarakan tryout UTBK dengan materi ujian TPS dan TKA dengan durasi waktu selama 3 jam 45 menit tanpa henti dengan harapan siswa dapat melatih diri agar terbiasa mengerjakan soal-soal dengan komputerisasi (online), begitu juga yang terpenting siswa mengetahui daya saingnya terhadap peserta ujian lain. Try out ini dilengkapi dengan dua sistem penilaian, yaitu : SBMPTN 2017 (B=4, S=-1,K=0) serta SBMPTN 2018 (Teori Respon Butir/IRT). Dapatkan perbedaan yang mencolok antara kedua penilaian tersebut hanya di sini.