• Admin
  • 14 February 2019

Cara Masuk Perguruan Tinggi negeri 2019

Sistim penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2019 mengalami perubahan. Peserta sebelum mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri, terlebih dahulu mengikuti Ujian (UTBK), kemudian hasil ujian disertakan saat mendaftar SBMPTN. Perubahan sistim ini mesti diketahui oleh para siswa agar tidak mengalami kesalahan saat mendaftar. Peserta yang hendak memilih program studi Saintek dan Soshum (dahulu di sebut program IPC) di SBMPTN, maka siswa mesti mengikuti UTBK dua kali dengan masing-masing tes SAINTEK dan SOSHUM. Untuk dapat mengikuti dua tes, maka siswa mesti mengeluarkan uang pendaftaran sebesar 2 x RP.200.000 = Rp.400.000. Untuk siswa yang merasa memiliki nilai yang kurang memuaskan, siswa tersebut dapat mengulangi tes sekali lagi.

Pendaftaran SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 10 - 24 Juni 2019. Dan hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 9 Juli 2019 (jika tidak ada perubahan). Adapun syarat-syarat pendaftaran peserta SBMPTN 2019 :

  1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
  3. Memiliki Nilai UTBK.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  5. Memiliki NISN.
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
  7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  8. Tidak lulus jalur SNMPTN 2019.

Pada laman resmi SBMTPN, adapun tahapan pendaftaran SBMPTN adalah sebagai berikut :

Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan cara sebagai berikut.

  1. Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).
  2. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN
  3. Mengunggah borang portofolio*) bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id
  4. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

Untuk Biaya pendaftaran SBMPTN 2019 tidak dicantumkan di laman resmi SBMPTN. Kemungkinan besar, biaya pendaftaran SBMPTN 2019 GRATIS.

Sumber : laman resmi SBMPTN